Coretan Santri SBM

Terinspirasi dari saya sebagai pengajar harap-harap cemas mendengar celetukan santri-santri saya pada saat proses pembelajaran. Walaupun proses pembelajaran yang tempat saya tidak seperti di lembaga sekolah yang barangkali membuat tegang. Saking santainya belajarnya tak mengherangkan jika santri saya sering mengucapkan kata-kata yang mereka dapatkan dari media khususnya televisi ataupun pergaulan mereka sehari-hari. Jika didiamkan, tak berhenti, kalau diladeni, makin menjadi.
Jadi berdasarkan kejadian tersebut saya berinisiatif untuk mengajak mereka membuat tulisan pendek seputar aktivitas sehari-hari.
Saya sebagai pengajar mengapresiasi atas kemampuan mereka yang sudah mau berpikir sejenak. Memang usia mereka masih dini, ketika saya minta mereka untuk menulis terucap ungkapan dari mereka “susah, pusing, dan lain sebagainya”. Tidaklah salahnya untuk mencoba. Dilihat fenomena yang terjadi terkadang berucap lebih mudah ketimbang dengan menulis. Saya yakin inilah proses belajar yang mesti dilalui oleh mereka, sehingga suatu saat nanti mereka membuat dan memilki karya-karya spektakuler.
Inilah karya coretan santri yang saya ketik ulang:

Tentang Di Sekolah
Saya bagun tidur pada jam 05.30, lalu saya mandi habis mandi paka pakaian sekolah yang rapi lalu sarapannya adalah roti dan air sus sesudah sarapan saya berangkat ke sekolah. Saya memakai sepatu saya bersalaman sama orangtua, lalu saya bertemu teman-teman lalu saya mendengar bunyi lonceng waktunya saya masuk ke kelas. Hari ini saya belajar Agama saya disuru bu guru mengejerjakan soal-soal tentang Nabi Ibrahim dan Ismail. Lalui ibu guru menyuruh kami mengerjakan soal-soal berikut. Sehabis belajar bel pun berbuyi, tet….tet….tet waktunya istirahat. Ibu guru keluar dari kelas kami pun keluar, saya membeli kue di kanti dan air minum saya bermain dengan teman-teman. Bel pun berbunyi waktunya kita pulang. Saya membuka sepat dan merapikan seragam sekolah. Saya tidur siang sesudah saya tidur siang. Mandi sore sesudah mandi shalat maghrib. Sesudah shalat maghrib saya belajar dan menyiapkan mata pelajaran untuk besok sesudah itu saya makan malam bersama keluarga sesuda makan malam saya tidur malam. Itu lah kegaitan sehari-hari saya.
By Fatur Razi

Hari Sekolah Pelajaran Agama
Pada hari itu kami belajar Agama tapi gurunya belum datand ke sini, kami menunggu dan sampi beberap meneit kami melihat guru kami sudah data kamipun senang lalu gurupun ada di kelas gurupun mengasihh kami PR. Pada keesokan harinya kami mengumpulkan PR itu. Dan setelah itu berbunyi lonceng kami pulang ada orang yang mabuk-mabukan itu kan berdosa. Setelah itu suara adzan kami solat kami pulang solat ada kebakaran orang-orang mengucapkan astaghfirulllahaladzim “kebakaran itu semakin besar”.
Keesokan harinya guru berceramah pada. Pada malam harinya saya tidur dan tidak lupa membaca doa.
By: Fuad

Tentang di Sekolah
Saya bangun tidur jam 04.00 lalu saya shalat setelah saya shalat saya langsung madi sehabis mandi saya langsung memakia seragam habis pun saya memakai sergama saya sarapan pagi lalu saya pergei ke sekolah. Tet…tet waktunya saya masuk kelas hari ini . saya belajar Agama Islam. Saya disuruh bu guru menulis soal-soal tentang Nabi-nabi lalu saya di suruh bu guru menghafalkan surah-surah yang sudah dihapalkan seusdah saya menghapal bel pun berbunyi. Tet…tet… waktunya istirahat sesudah istirahat saya masuki kelas saya disuruh bu guru menulis arab sesudah saya menulis arab belu berbunyi lagi, tet..tet.. waktunya pulang sekolah. Sepulang sekolah saya mengganti baju lalu saya tidur siang sehabi saya tidur siang saya mandi sore.
By: Shafira Ananda Putri

Belajar dI Sekolah
Pada waktu itu saya belajar tenteng pelajaran Agama Islam. Tentang Nabi Ibara as dan Nai Islam as. Pelajaran itu sanag menyenangkan dan menambah ilmu pengetahuan. Sehabis itu saya mengerjakan soal. Soal itu diberi oleh guru. Setelah selesai mengerjakan soal. Saya istirahat. Istirahat sangat menyenangkan bisa bermain-main bebas dengan teman-teman. Setelah istirahat saya masu ke kelas lagi saya belajar sehabis belajar saya pulang. Setelah pulang saya gnati pakaian, makan dan saya menonton televisi. Ketika saya menonton televisi saya disuruh jaga warung sambil membuat cerita. Sampai di TPQ saya salah mengerjakan cerita rupanya ceritanya harus tetang agama marah saya bingung. Bagaimana saya memilih cerita dari pak steo itu saya langsung dan saya memilih cerita belajar di sekolah.
By: Utari Pradini

Tentang di sekolah
Saya bangun tidur pukul 05.30 lalu saya mandi sesudah mandi saya memakai pakaian yang rapi lalu sarapan paginya adalah roti dan airu susu. Sehabis sarapan pagi saya memakai sepatu. lalu berangkat ke sekolah. Di sekolah saya bertemu teman-teman di sekolah dan guru-guru. Di sekolah tet..tet waktnya saya masuk kelas. Lalu di kelas ibu guru menyiapkan untuk membaca doa, di kelas saya disuruh ibu mengerjakan soal-soal tentang agama. Laalu saya mengerjakan soal-soal beriut. Sehabis saya mengerjakan soal-soal bel pun berbunyi artinya istirahat. Ibu guru pun keluar dari kelas. Saya pun keluar dari kelas saya jajan. Bel pun berbunyi lagi waktu nya pulang sari sekolah, sesampai di rumah saya membuka sepat dan merapikan seragam. Lalu saya sarapan siang yaitu nasi goreng dan air putih es. Sehabis saya makan siang lalu ibu saya menyuruh tidur siang.
Sehabis tidur siang saya mandi sore sehabis mandi saya mengaja kteman-teman untuk shalat manghrib. Sehabis shalat maghrib saya belajar untuk menyiapkan pelajaran besok. Selesai saya belajar saya mengemaskan buku pelajaran untuk besok. Lalu saya makan malam bersama keluarga saya sehabis makan malam saya pun tertidur. Itulah kegiatan sehari-hari saya.
By: Yulia

Bulan Ramadhan
Pada bulan ramadhan saya berpuasa. Pertama-tama saya sahur bersama keluarga saya bangun subuh pukul 04.00 saya makan, minum setelah itu saya shalat subuh bersama teman-teman yang sudah menunggu di Masjid. Setelah shalat sya tidur setelah paginya saya bangun, saya mandi. Saya pergi ke sekolah di sekolah tidak ada satupun orang yang menjual makanan atau minuman . sepulang sekolah saya tidur setelah tidur saya shalat ashar. Saya hampir lupa bahwa saya belum shalat zuhur setelah itu saya ambil air wudhu saya langsung mengerjakan shalat zuhur sesudah itu saya menonton televisi sambil menunggu adzan maghrib. Akhirnya adzan magrib pun telah berkumandang saya buka puasa bersama keluarga. Saya makan dan minum setelah berbuka puasa saya mengerjakan shalat maghrib setelah saya shalat maghrib saya menunggu isya akhrinya adzan isya berkumandang juga saya bergegas shalt isya setelah shalat isya saya melakukan shalat terawih setelah shalat terawih saya tidur. Itulah kegiatan saya pada bulan Ramadhan untuk melawan hawa nafsu dan meunggu hari kemenangan yaitu lebaran.
By: Teguh

Tentang di Sekolah
Saya bagun tidur jam 5 lalu saya mandi setelah mandi saya memakai pakaian. Habis memakai pakaian. Saya sarapan pagi sambil menonton televisi. Saya pergi ke sekolah, tet…tet..waktunya saya masuk. Kelas hari ini saya belajar agama islam saya disuruh memnacah surah al-kautsar. Setelah sudah membaca saya disruh menulis soal-soal. Soalnya disuruh membuat tentang Nabi Ibrahim dan Ismail. Sesudah saya menulis baru berbunyi tet…tet..waktunya saya istirahat. Sesuah saya masuk kelas di suruh bu guru menusli arab. Sesudah saya menulis arab bel pun berbuny lagi tet…tet..waktunya saya pulang. Saya akan makan saya pun solat, habis shalat saya pun mandi sore. Habis mandi saya pun memakai pakaia habis memakai memakai pakaian saya pun shalat.
By: Citra Diah Pita Loka

Tinggalkan Balasan

